Pusatnya Berbagai Tips dan Informasi Seputar Dunia Teknologi

Friday 12 February 2016

Pengertian Kabel VGA, DVI dan HDMI serta Fungsinya

Jika anda adalah anak Informatika, maka anda sudah tidak asing lagi dengan kabrl VGS, DVI dan HDMI. Pada dasarnya ketiga kabel tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mengirimkan sinya gambar/video untuk ditampilkan pada layar monitor, lcd ataupun media lainnya.

Ketiga kabel tersebut memiliki fungsi yang sangat vita, mengapa demkian? karena kita tidak dapat melihat gambar, video ataupun sesuatu yang kita proses di dalam komputer tanpa adanya kabel kabel tersebut.

Karena memiliki fungsi dasar yang sama, tetapi ketiga kabel tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda beda lho, mau tahu? Mari kita ulas lebih dalam tentang kabel Vga, DVI dan HDMI ini.

1. Kabel VGA (Video Graphics Array)

Kabel Video Graphics Array atau lebih dikenal dengan VGA adalah kabel yang memiliki fungsi untuk mengirimkan sinyal video hasil pengolahan komputer untuk ditampilkan ke media keluarang seperti Proyektor dan Monitor supaya dapat pengguna lihat.

Kabel VGA
Kabel VGA ini sudah dapat digunakan pada komputer Cembung (CRT) dalam arti lain, kabel VGA ini sudah lama ditemukan. Jenis kabel VGA yang paling sering digunakan adalah kabel VGA 15 pin. Dibandingkan dengan DVI dan HDMI, kabel VGA masih dibawah kedua kabel tersebut, dalam kualitas maupun kemampuan yang dimiliki.

Pemasangan kabel VGA atau yang sering dikenal dengan kabel Monitor ini sangatlah mudah, kita hanya perlu mencolokkan salah satu kabel ke CPU dan satunya lagi dicolokkan pada komputer.

2. Kabel DVI (Digital Video Interface)

Kabel jenis ini lebih sering digunakan untuk monitor LCD. Dari namanya saja sudah dapat kita simpulkan bahwa kabel DVI memiliki kualitas yang baik dari segi kemampuan. Kabel Digital Video Interface ini mampu menghilangkan noise pada video saat konversi analog maupun konversi digital. Jenis kabel DVI yang paling sering digunakan adalah yang memiliki 24 pin.

Kabel DVI


DVI memiliki fungsi yang sama dengan kabel VGA, hal mendasar yang dapat membedakan kabel DVI dan VGA berada pada kemampuan. DVI lebih unggul dan jika dibandingkan harganya, DVI masih tetap unggul.

Kabel DVI mampu untuk streaming video dalam kualitas tinggi (HD) dan dengan konektor Dual-Link, kabel DVI mampu hingga 2560 sampai 1600 pixel.



3. Kabel HDMI (High Definition Multimedia Interface)

Kabel HDMI


Dibandingkan dengan kedua kabel sebelumnya, HDMI adalah rajanya. Kabel ini banyak digunakan untuk komputer/tv yang memerlukan resolusi tinggi (HD). Selain itu, Kabel HDMI memiliki bentuk yang sederhana dan lebih simple dibandingkan dengan pendahulunya membuatnya lebih mudah untuk dipasang. Salah satu kelebihan yang dimiliki, HDMI mampu menstream audio san video bersamaan dengan hanya menggunakan 1 kabel.

Tadi adalah ulasan sedikit mengenai kabel HDMI, DVI dan VGA, sekedar mengingatkan lagi, pada dasarnya ketiga kabel tersebut memiliki fungsi yang sama, yang membedakan ketiganya adalah pada segi kualitas yang dimiliki dan jika saya urutkan dari kualitas terendah hingga tertinggi, maka urutannya akan sebagai berikut: Kabel VGA – Kabel DVI – Kabel HDMI.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Kabel VGA, DVI dan HDMI serta Fungsinya

5 komentar:

  1. thanks gan informasinya sangat menarik, kunjungi #gatlingkom

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. thanks gan infonya sangat bermanfaat :D


    kunjungi juga website kampus saya di
    http://atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  4. You there, this is really good post here. Thanks for taking the time to post such valuable information. Quality content is what always gets the visitors coming. Best VGA to HDMI Converters

    ReplyDelete